Menyajikan Secara Singkat Materi Desain Thiking Gavin Ambrose dan Paul Harris Beserta Ulasan
Proses desain melibatkan tingkat kreativitas yang tinggi. Berikut masing-masing dari tujuh tahap proses mendesain agar menciptakan solusi yang efektif dan estetis untuk masalah yang dihadapi saat mendesain :
- Define
Define Menetapkan apa masalahnya . Ini adalah tahap pertama dalam setiap proses desain dan hampir selalu melibatkan menghasilkan atau menerima brief desain. Brief desain menyajikan persyaratan klien untuk suatu pekerjaan. Ini mungkin verbal atau tertulis, sederhana atau kompleks. Brief berisi tujuan spesifik yang harus dipenuhi oleh desain tetapi juga dapat ditulis dalam istilah yang memiliki interpretasi yang berbeda-beda.
- Riset
Riset Mengumpulkan informasi latar belakang . Setelah brief didefinisikan dan disepakati , seorang desainer mulai mencari informasi yang dapat dimasukkan ke dalam proses kreatif pada tahap ideate.Penelitian ini dapat berupa kuantitatif, dengan angka statistik keras tentang ukuran dan komposisi kelompok pengguna sasaran , atau kualitatif, dengan informasi tentang apa yang dibeli atau dikonsumsi kelompok pengguna itu dan seperti apa gaya hidup mereka
- Dirancang
Dirancang Menciptakan solusi potensial. Pada tahap ini, tim desain memilih untuk memanfaatkan salah satu dari banyak gerakan atau paradigma seni dan desain. Ringkasan desain dapat diberikan interpretasi modernis, abstrak, konstruktivis atau dekonstruktivis
- Prototipe
Prototipe Solusi penyelesaian. Sebuah prototipe memberikan tim desain dan klien kemampuan untuk memvisualisasikan dan menangani konsep desain, untuk mendapatkan ide tentang kehadiran fisik dan kualitas taktil.
- Pilih
Membuat pilihan. Tahap pemilihan adalah titik di mana salah satu solusi desain yang diusulkan dipilih untuk pengembangan. Kriteria keputusan utama adalah kesesuaian untuk tujuan : apakah desain memenuhi kebutuhan dan tujuan brief, dan akan secara efektif
- Alat
Alat Memberikan solusi ke brief desain. Tim desain biasanya menyediakan manajemen proyek selama tahap ini, untuk memastikan bahwa hasil akhir memenuhi harapan desain, dan untuk menjaga proyek sesuai anggaran dan tepat waktu
- Belajar
Belajar Mendapatkan umpan balik. Tahap akhir dalam proses ini melibatkan belajar dari apa yang telah terjadi selama proses desain. Ini adalah tahap umpan balik di mana klien dan agen desain mungkin berusaha mengidentifikasi apa yang bekerja dengan baik dan di mana ada ruang untuk perbaikan.
Aspek- Aspek Utama Yang Diperlukan Dalam Desain Thiking
Mengidentifikasi Driver
Dengan mengidentifikasi driver ini, tim desain akan memiliki apresiasi terhadap rangsangan yang diterima orang. Misalnya, kekuatan pasar di sektor surat kabar bergerak menuju publikasi online dan menjauh dari publikasi cetak. Seseorang yang berniat meluncurkan produk komunikasi baru perlu menyadari driver seperti itu
Pengumpulan Informasi Rapat
Ketika melakukan penelitian, informasi dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori: kuantitatif dan kualitatif. Ini membantu menentukan ukuran target pasar dan karakteristiknya
Target Kelompok
Tahap penelitian mengidentifikasi dan memberikan klasifikasi dasar untuk berbagai kelompok konsumen atau pengguna di suatu sektor dan karakteristiknya.
Sampel dan Umpan Balik
Sampel dan umpan balik Memahami motivasi, Perilaku dan Aspirasi Target Kelompok sering melibatkan studi rinci dari kelompok itu. Karena tidak mungkin untuk menanyai setiap anggota populasi target, kelompok sampel biasanya didefinisikan
Arah Desain
Dasar desain Arah Mulai dari titik tertentu (seringkali desain produk, merek, atau organisasi yang ada atau bersaing), desainer dapat berpikir dalam 'arah' tertentu untuk menghasilkan ide-ide baru dari desain yang ada.
Perbedaan Divergensi adalah perluasan atau penyebaran sesuatu dari titik pusat atau tema. Ini dapat dilihat dengan jelas di berbagai bidang seperti segmentasi pasar dan tipografi.
Konvergensi Konvergensi adalah kontraksi sesuatu menuju titik sentral yang lebih umum. Dalam desain, meskipun kecenderungan utamanya adalah menuju divergensi, konvergensi masih dapat ditemukan di bidang-bidang seperti branding generic.
Transformasi Transformasi melibatkan perubahan kualitatif yang substansial , seperti desain ulang identitas visual, atau pengemasan ulang untuk memfasilitasi metode distribusi baru.
Tema Pemikiran
Desainer sering harus menghadapi tantangan untuk memasukkan sejumlah besar informasi ke dalam format dengan ruang terbatas. Beberapa prinsip dapat digunakan untuk menginformasikan proses desain dan membantu mengatasi tantangan ini.
Inspirasi dan Referensi
Inspirasi adalah kunci untuk generasi ide-ide desain yang menarik dan profesional desain menarik inspirasi dari sumber yang tak terhitung banyaknya.
Brainstroming
Proses brainstorming dimulai dengan mendefinisikan masalah yang akan ditangani, memilih peserta kelompok yang akan mengatasinya, dan membentuk pertanyaan yang dapat digunakan untuk merangsang proses kreati
Nilai
Nilai adalah istilah yang sering digunakan dalam desain. Nilai dalam Design thinking harus fokus pada menghasilkan solusi desain yang berkomunikasi secara positif dengan audiens target daripada hanya terlihat berbeda secara estetika.
Inklusi
Sepanjang proses desain, penting untuk mengingat siapa target audiens dan mempertimbangkan bagaimana ide-ide desain dapat beresonansi dengan audiens ini. Desain harus difokuskan pada siapa yang berkomunikasi dengan dan bukan hanya selera desainer yang membuatnya.
Sketsa
Sebagian besar desainer membuat sketsa untuk meletakkan ide dengan cepat di atas kertas. Karena sketsa dapat menyampaikan ide visual untuk desain atau elemen desain dengan sangat cepat, sketsa dapat digunakan di banyak bagian proses desain, dan memang, di seluruh itu
Menyajikan Ide
Solusi desain potensial harus disajikan kepada klien, yang kemudian akan memilih satu untuk implementasi. Menyajikan ide dengan baik sangat penting; Ide bagus yang disajikan dengan buruk bisa jatuh pada rintangan pertama
Berpikir dalam Gambar
Gambar memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide atau banyak informasi dengan sangat cepat, itulah sebabnya gambar adalah bagian yang menonjol dari desain grafis. Seperti yang kita semua tahu, sebuah gambar melukiskan seribu kata, jadi ada baiknya menghabiskan waktu yang cukup untuk pemilihan gambar dan presentasi.
Berpikir dalam Tanda
Tanda adalah alat komunikasi yang kuat: dapat dengan mudah dikenali dan dapat menyampaikan konsep kompleks dengan cara yang sederhana. Gambar dapat berisi tanda-tanda yang berbeda. Tanda menyampaikan makna melalui proses semiotika, denotasi dan kognisi.
Apropriasi
Ketika seorang desainer menggabungkan atau mencaplok elemen dari desain lain dalam sebuah karya, ini dikenal sebagai apropriasi.
Humor
Desainer dapat membuat desain lucu atau lucu untuk membantu membangun hubungan dengan audiens target. Orang-orang memiliki kapasitas besar untuk menemukan humor bahkan di tempat yang paling aneh dan paling tidak mungkin, jadi ini bisa menjadi alat yang sangat berguna.
Personifikasi
Desain sering mempersonifikasikan tujuan, atribut, atau karakteristik tertentu dari perusahaan, produk, atau program ke dalam perangkat grafis yang dapat dikenali.
Visual Metafora
Metafora visual mengacu pada sesuatu yang biasanya tidak ditunjukkan untuk menyiratkan kesamaan dengan sesuatu yang lain.
Modifikasi
Desain sering menceritakan sebuah kisah dalam sekejap grafis beku. Modifikasi adalah aspek desain utama yang mengubah teks dan gambar dengan cara yang menanamkan makna.
Berpikir dengan Kata
Kata-kata dapat digunakan dalam banyak cara untuk mengkomunikasikan pesan: mereka dapat membantu membuatnya mudah dipahami atau dapat memberikan sejumlah kemungkinan makna yang berbeda.
Kata dan Bahasa
Pesan dikomunikasikan tidak hanya melalui semantik sederhana. Pilihan kata-kata dan bahasa kami dan nada yang kami sampaikan semuanya menawarkan makna yang lebih dalam pada apa yang kami katakan.
Berpikir dalam Bentuk
Pikiran di Bentuk Elemen desain seperti blok teks membentuk perkiraan bentuk pada halaman. Berpikir dalam bentuk membantu perancang untuk mengatasi hubungan spasial umum antara elemen.
Berpikir dalam Proporsi
Pikiran di Proporsi Titik fokus desain dapat bervariasi sesuai dengan di mana subjek diposisikan dalam karya dan proporsi hubungan spasial yang dikandungnya.
Berpikir dalam Warna
Warna adalah alat komunikasi yang kuat karena dapat menarik perhatian dan membuat hal-hal menonjol dan terlihat lebih menarik. Penggunaan warna yang halus dan hemat dapat meningkatkan desain dan dapat menerapkan penekanan tepat di tempat yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sebuah komunikasi
Mengembangkan Desain
Tahap ideasi akan menghasilkan berbagai solusi yang mungkin untuk brief. Tetapi ide-ide desain perlu dikembangkan lebih lanjut untuk memiliki pegangan yang lebih tepat pada pesan yang akan dikomunikasikan.
Jenis Prototipe
Seorang desainer dapat membuat prototipe pekerjaan dengan cara yang berbeda untuk menguji atau memeriksa ide-ide desain yang berbeda
Kosakata
Bagian penting dari pengembangan desain adalah membangun kosakata desain yang akan memungkinkan sebuah karya untuk berkomunikasi secara efektif.
Format
Pemilihan format adalah aspek pertama dari tahap implementasi.
Bahan
Keputusan kedua dalam pemikiran implementasi adalah mempertimbangkan bahan yang akan digunakan untuk produksi. Berbagai macam bahan dan substrat tersedia yang akan menampung cetakan, dicap, diukir, diukir, tergores, memotong atau melukis gambar.
Finishing
Bahan yang digunakan untuk menghasilkan desain dapat diselesaikan dengan sejumlah cara berbeda, dan ini adalah elemen ketiga dari pemikiran implementasi.
Sisik
Pemikiran implementasi juga perlu mempertimbangkan skala: menantang gagasan yang terbentuk sebelumnya tentang ukuran dapat menghasilkan solusi yang mencolok. Berpikir besar Desainer untuk menghasilkan karya pada skala di mana elemen visualnya memiliki dampak besar.
Berpikir kecil upaya sadar untuk menghasilkan karya pada skala yang dikurangi menjadi Tantang persepsi dan tawarkan yang tak terduga.
Seri/Kontinuitas
Tim desain perlu mempertimbangkan apakah suatu pekerjaan adalah bagian yang berdiri sendiri atau bagian dari seri. Desain jarang dilakukan secara terpisah dan konsep desain sering diluncurkan melalui media yang berbeda dan item yang berbeda dalam kelompok media yang sama
Daftar Istilah
Design thinking adalah subjek yang mencakup banyak istilah yang berkaitan dengan konsep teknis atau kreatif. Daftar istilah ini bermaksud untuk mendefinisikan beberapa istilah yang paling umum digunakan dan terkait dengan pemikiran desain dan berbagai tahapan proses desain selama penerapannya.
Ulasan
Materi ini menyediakan pemahaman yang mendalam di
dukung dengan referensi kuat dan lengkap serta penulisan penulis yang mudah
dimengerti untuk para pembaca seperti, membahas prinsip prinsip, proses nya dan
eskplorasi berbagai solusi dalam berpikir desain serta penjabaran cara kita untuk
bagaimana menggunakan nya dalam memecahkan masalah. Hal ini yang membuat menambah
kredibilitas materi.
Comments
Post a Comment