Seni Menciptakan Desain Logo

 

Tahapan Merancang Logo

Desain menjadi bagian dari integral dari kehidupan kita sehari hari. Desain tidak hanya terbatas pada aspek estetika, tetapi juga memiliki dampak yang siginifikan pada berbagai aspek kehidupan kita. Desain logo adalah proses menciptakan tanda sebagai representasi visual sebuah merek/produk. Logo digunakan untuk membedakan merek dari yang lain, serta memberikan kesan kepada pelanggan. Dalam membuat logo melibatkan pemikiran kreatif, pemilihan elemen yang sesuai dan seringkali revisi untuk mencapai hasil yang diinginkan. Logo digunakan di berbagai media seperti, produk fisik, brosur, situs web dan lainnya. Hal ini membuat logo menjadi peran penting untuk identitas merek dan pemasaran. Kali ini saya akan menjelaskan beberapa tahapan merancang desain logo UMKM pada tugas DKV II

Melakukan Penelitian

Sebelum merancang logo agar sesuai pada tujuan nya kami membuat creative brief terlebih dahulu, mencari informasi dari segala aspek yang melibatkan UMKM. Setelah itu meringkas dari informasi informasi yang sudah di dapatkan dengan kompleks. Creative brief dapat memberikan panduan yang jelas kepada tim kami tentang apa yang perlu dicapai dalam membuat logo UMKM tersebut. Komponen yang terdapat pada creative brief antara lain : target audiens, profile client, analisis situasi dan lain sebagai nya.

Penciptaan Ide

Pada tahap selanjutnya membuat sebuah moodboard dan mind mapping. Moodboard dapat  memicu imajinasi dalam mengembangkan konsep logo dengan cara mengumpulkan gambar gambar dan elemen visual yang menarik yang berkaitan dengan gaya atau konsep yang diinginkan UMKM. Sedangkan mind mapping menjadikan informasi UMKM yang didapaet lebih terstruktur, teratur dan mudah dipahami.

Pemilihan Elemen Grafis

Membuat morfological matrix dapat memudahkan membuat logo dengan menggabungkan dan mengkombinasikan berbagai elemen yang berbeda. Dengan mencocokan beberapa dari variabel, kami dapat mengeksprolasi dan menghasilkan konsep untuk memenuhi kebutuhan UMKM. Morfological matrix sangat berguna dalam untuk mempertimbangkan dalam mengambil keputusan saat membuat logo.

Pemilihan Warna dan Tipe Huruf

Warna menjadi identitas merek yang kuat. Warna yang digunakan kami pada logo sangat mencocokan atau menyesuaikan UMKM agar mudah diingat oleh audiens. Seperti, UMKM tim kami berasal dari jawa tengah. Warna yang digunakan saling berhubungan dengan khas solo. Tipe huruf adalah aspek yang penting untuk mengkomunikasikan identitas UMKM. Tipe huruf yang kami gunakan mengkombinasi antara formal dan santai

Finalisasi

Setelah menyelesaikan tahapan membuat logo,termasuk memeriksa kembali pada ketetapan ukuran, proporsi dan detail. tim kami membuat beberapa alternatif yang akan menjadi bahan pertimbangan bagi client maupun dosen. Setelah disetujui, tim kami memastikan kembali logo berfungsi dengan baik saat masuk ke media cetak maupun media sosial.

Panduan Logo (Branding Guideline)

Tim kami membuat panduan logo untuk menjelaskan bagaimana aturan yang tepat tentang cara menggunakan logo. Panduan logo memiliki beberapa fungsi yang sangat penting dalam menjaga konsistensi merek. Komponen yang terdapat pada branding guidelines yaitu mencakup jarak minimal antar logo, ukuran minimum, layout khas, grafis khas, konfigurasi warna, incorrect logo, black and white logo, grid system, master logo dan mockup logo.

 





Comments

Popular posts from this blog

Menyajikan Secara Singkat Materi Desain Thiking Gavin Ambrose dan Paul Harris Beserta Ulasan

Seni Dalam Penyampaian Sejarah Mencuri Raden Saleh