Seni Menciptakan Desain Logo
Tahapan Merancang Logo
Desain menjadi bagian dari
integral dari kehidupan kita sehari hari. Desain tidak hanya terbatas pada
aspek estetika, tetapi juga memiliki dampak yang siginifikan pada berbagai
aspek kehidupan kita. Desain logo adalah proses menciptakan tanda sebagai
representasi visual sebuah merek/produk. Logo digunakan untuk membedakan merek
dari yang lain, serta memberikan kesan kepada pelanggan. Dalam membuat logo
melibatkan pemikiran kreatif, pemilihan elemen yang sesuai dan seringkali
revisi untuk mencapai hasil yang diinginkan. Logo digunakan di berbagai media
seperti, produk fisik, brosur, situs web dan lainnya. Hal ini membuat logo
menjadi peran penting untuk identitas merek dan pemasaran. Kali ini saya akan
menjelaskan beberapa tahapan merancang desain logo UMKM pada tugas DKV II
Melakukan Penelitian
Sebelum merancang logo agar
sesuai pada tujuan nya kami membuat creative brief terlebih dahulu, mencari
informasi dari segala aspek yang melibatkan UMKM. Setelah itu meringkas dari
informasi informasi yang sudah di dapatkan dengan kompleks. Creative brief
dapat memberikan panduan yang jelas kepada tim kami tentang apa yang perlu
dicapai dalam membuat logo UMKM tersebut. Komponen yang terdapat pada creative
brief antara lain : target audiens, profile client, analisis situasi dan lain
sebagai nya.
Penciptaan Ide
Pada tahap selanjutnya membuat
sebuah moodboard dan mind mapping. Moodboard dapat memicu imajinasi dalam mengembangkan konsep
logo dengan cara mengumpulkan gambar gambar dan elemen visual yang menarik yang
berkaitan dengan gaya atau konsep yang diinginkan UMKM. Sedangkan mind mapping
menjadikan informasi UMKM yang didapaet lebih terstruktur, teratur dan mudah
dipahami.
Pemilihan Elemen Grafis
Membuat morfological matrix dapat
memudahkan membuat logo dengan menggabungkan dan mengkombinasikan berbagai
elemen yang berbeda. Dengan mencocokan beberapa dari variabel, kami dapat
mengeksprolasi dan menghasilkan konsep untuk memenuhi kebutuhan UMKM.
Morfological matrix sangat berguna dalam untuk mempertimbangkan dalam mengambil
keputusan saat membuat logo.
Pemilihan Warna dan Tipe Huruf
Warna menjadi identitas merek
yang kuat. Warna yang digunakan kami pada logo sangat mencocokan atau
menyesuaikan UMKM agar mudah diingat oleh audiens. Seperti, UMKM tim kami
berasal dari jawa tengah. Warna yang digunakan saling berhubungan dengan khas
solo. Tipe huruf adalah aspek yang penting untuk mengkomunikasikan identitas
UMKM. Tipe huruf yang kami gunakan mengkombinasi antara formal dan santai
Finalisasi
Setelah menyelesaikan tahapan membuat logo,termasuk memeriksa kembali pada ketetapan ukuran, proporsi
dan detail. tim kami membuat beberapa alternatif yang akan menjadi bahan
pertimbangan bagi client maupun dosen. Setelah disetujui, tim kami memastikan kembali logo berfungsi dengan baik saat masuk ke media cetak maupun media
sosial.
Panduan Logo (Branding
Guideline)
Tim kami membuat panduan logo
untuk menjelaskan bagaimana aturan yang tepat tentang cara menggunakan logo.
Panduan logo memiliki beberapa fungsi yang sangat penting dalam menjaga
konsistensi merek. Komponen yang terdapat pada branding guidelines yaitu
mencakup jarak minimal antar logo, ukuran minimum, layout khas, grafis khas,
konfigurasi warna, incorrect logo, black and white logo, grid system, master
logo dan mockup logo.
Comments
Post a Comment